Senin, 01 April 2019 - 10:28:27 WIB
Kadispora NTB Membuka Kegiatan Seleksi Peserta PPAN Tingkat Prov. NTB Tahun 2019
Diposting oleh : Keolahragaan
Kategori: Kepemudaan - Dibaca: 29 kali

Mataram - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB “Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM” Resmi membuka acara Seleksi Calon peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tahun 2019 di Aula PGRI Provinsi NTB, Senin (01/04/2019).

Dalam sambutannya, “Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM” menyampaikan, Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) merupakan ajang untuk menggali potensi kader pemuda di daerah sekaligus potensi kader pemuda nasional melaui kerjasama internasional. Peserta PPAN terpilih dari setiap provinsi adalah yang benar-benar merupakan kader daerah dan telah memiliki pengalaman dalam hal Community development. Setelah selesai program dan kembali kedaerah, wajib melakukan Post Program Activity (PPA) yang dipantau dan atau difasilitasi oleh pemerintah Provinsi/pemerintah Kabupaten/Kota asal peserta.

Perlu diketahui, Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) merupakan progam tahunan yang merupakan kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan negara-negara sahabat dan program pengembangan potensi generasi muda untuk menambah khasanah pengetahuan dan wawasarn serta mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks di masa yang akan datang. Program ini dilaksanakan pemerintah melalui Kemeterian Pemuda dan Olahraga RI.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mempererat persahabatan dan kerjasama pemuda Indonesia dengan pemuda dari Negara tujuan, meningkatkan rasa saling menghormati dengan masyarakat khususnya generasi muda dengan Negara tujuan, menciptakan kader-kader pemimpin bangsa yang berwawasan Internasional, memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk lebih mengenal budaya, adat istiadat dan kesenian di negara tujuan serta berbagi pengalaman dan melakukan kegiatan bersama di negara tujuan yang akan menimbulkan rasa saling menghargai, menghormati dan toleransi dikalangan generasi muda, serta diharapkan untuk generasi muda mampu menciptakan jaringan informasi, komunikasi dan bisnis, katanya.

Program ini sangat membutuhkan keseriusan, mental, fisik dan pengetahuan khususnya mengenai Provinsi NTB. Seorang duta juga dituntut untuk memiliki talenta dan kemampuan berbahasa inggris untuk dapat berinteraksi di negara tujuan. Untuk itu para calon tentunya wajib mengetahui seluk beluk baik itu terkait pariwisata, sosial budaya, program pemerintah, bahasa dan lain sebagainya.

Siapapun yang terpilih menjadi duta nantinya, diharapkan mampu mewakili Provinsi NTB dan mempromosikan semua potensi, budaya termasuk pariwisata NTB. Untuk itu, saya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik dilaksanakannya Kegiatan Seleksi Calon Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara Tahun 2019 ini. Saya berharap kegiatan ini menjadi bagian dari upaya peningkatan kualitas sumber daya pemuda terhadap pentingnya pembangunan yang terus berkesinambungan secara merata, tegasnya lagi.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Kepemudaan “Drs. Harun Alrasyid” menyampaikan, Kegiatan Seleksi Calon Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) ini dilaksanakan pada tanggal 1-2 April 2019.

Jumlah peserta seluruhnya sebanyak 20 orang dari masing-masing kabupaten/Kota Se NTB, yang terdiri dari Kota Mataram 2 Orang, Lombok Barat 2 Orang, Lombok Tengah 2 Orang, Lombok Utara 2 Orang, Lombok Timur 2 Orang, Sumbawa 2 Orang, Sumbawa Barat 2 Orang, Dompu 2 Orang, Bima 2 Orang dan Kota Bima 2 Orang.

Peserta PPAN Provinsi Jambi Tahun 2018 dilaksanakan oleh Tim Seleksi dari Dispora NTB dan Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Provinsi NTB. Sedangkan materi seleksi terdiri dari Community Development/Pemberdayaan Masyarakat, Bidang Agama, Bidang Psikologi, Bahasa Inggris, Kemampuan Komunikasi, Seni Budaya - Bidang Akademik/Tes Potensi Akademik, katanya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Seksi Pengembangan Pemuda “Mauziatul Chair, S.IP” beserta staf, Kepala Seksi SARPRAS Dispora Kab. Lombok Timur “Badri” serta Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Provinsi NTB.



0 Komentar :