Selasa, 23 April 2019 - 15:04:20 WIB
Tes Identifikasi Bakat Tingkat Pelajar SD dan SMP/MTs Se NTB Cabor Atletik Tahun 2019
Diposting oleh : Keolahragaan
Kategori: Keolahragaan - Dibaca: 53 kali

Mataram -  Sebanyak 600 pelajar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTS) dari berbagai sekolah Se NTB, Jumat pagi (19/04/2019) mengikuti Tes Identifikasi Bakat Calon Atlet Cabang Olahraga Atletik yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga di GOR 17 Desember Turide Mataram.

 Identifikasi bakat calon atlet Atletik  yang digelar selama dua hari, pada tanggal 19 – 20 April 2019 tersebut dilakukan Kemenpora dengan menggandeng pelatih/guru olahraga dan dari Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) NTB serta bekersajama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB “Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM” menjelaskan tes identifikasi bakat ini dilakukan untuk mencari bibit unggul atlet Cabor Atletik sebagai lapis elit yang mampu berprestasi ditingkat nasional bahkan sampai internasional.“Tes ini sangat membantu melihat kemampuan bakat calon atlet usia dini yang dapat dipersiapkan sebagai atlet masa depan,” tuturnya.

Selanjutnya calon atlet berbakat  dibina lebih lanjut melalui klub atau Sekolah Khusus Olahraga (SKO) dan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP)  sehingga bisa  dikembangkan dan dipantau prestasinya. “Jumlahnya tidak bisa kita tentukan yang jelas tidak perlu banyak namun yang penting berkualitas. Oleh karena itu perlu dukungan orang tua dan kebijakan dari pemerintah,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan dan Pemanduan Bakat Olahraga, Kemenpora, M. Aziz Ariyanto menjelaskan mencari calon atlet berbakat  perlu dilakukan  semenjak usia dini melalui serangkaian tes untuk mengidentifikasi keberbakatannya.“Ada serangkaian tes yang kami berikan ada sepuluh macam, yaitu tinggi badan, berat badan, rentang tangan, panjang tungkai, tes sit & reach, tes 40 m, tes shocken, standing broad jump, tes frekuensi langkah, dan tes 800 m,” jelasnya.



0 Komentar :